Minggu, 31 Juli 2011

all about me

    



                                                                                  
    kenalken, sya lahir di Samarinda,Kalimatan Timur.. Papa dan mamamerantau ke Kaltim sejak tahun 1986 sampe tahun 2003,selanjutnya kami hidup di jawa.. Tahun 1990 bulan Mei tanggal 9 lahirlah seorang wanita manis nan jelita ;) bernama Selina Ayuningtyas, saya dilahirin di bidan jalan Bhayangkara, Samarinda.. Lahir pukul 02.00 WITA,kasian mama harus ngelahirin tengah malam gitu hiks hiks.. Dulu sih kata mama seharusnya sya keluar tanggal 30 April karena saya betah di dalam halah bukan dink karena saya gak sesuai jalur keluar gerbang saya telat dah keluarnya,ampe tanggal 9 Mei baru bisa brojol.. itu pun kata mama harus dipaksa-paksa dulu baru mau keluar -__-" kasian mama,semoga mama selamat dunia akhirat ya ma :* 
    Setelah saya lahir,papa saya di tugaskan di Tengarong ato skrg namanya Kutai Kertanegara. saya besar di Tenggarong dan waktu kelas dua SD saya sekeluarga pindah ke Samarinda *again ya ampun bolak balik mulu dah..  Saya masuk SD favorite di Samarinda,, jederrrr dulu waktu saya di Tenggarong selalu rengking satu,giliran pindah ke Samarinda gilee cing anak-anaknya pinter-pinter semua,otomatis saya belum bisa adaptasi jadilah saya di sana gak dapet juara lagi.. di Tenggarong dulu saya banyak prestasi nyanyi,nari sampe juara kelas,,tapi di Samarinda berhubung rumah saya jauh sama sekolahan jadi pulang sekolah langsung pulang gitu aja.. Padahal dulu pengen les biola ma les vokal tapi karna gak ada yang antar jemput jadinya batal krik krik... prestasi waktu sede palink cuma jadi pengibar bendera setiap dapet giliran kelas jiakakaka itu doank :'D nah waktu kelas 6 saya pengen banget bisa masuk SMP 1 Samarinda,tu sekolah favorite se Samarinda,alhamdulillah NEM saya waktu ujian lumayan jadi bisa masuk ke SMP favorite ini..di sinilah hidup saya jadi berwarna,sejak ortu anggap saya dewasa cekilehh jadilah saya agak dibebaskan ga seperti waktu sde dulu.. Di s em pe saya punya genk tapi berhubung kelasnya sering dipindah-pindah jadinya geng saya lama-lama jadi banyak xixixi.. di sini saya punya banyak temen,guru-gurunya pada baik semua.. en den tante saya juga termasuk guru salah satu di situ dan bisa diajak konpromi,saking sayangnya tante sama saya,kalo saya bandel di sekolah,tante rela jaga rahasia tanpa saya minta jiakakkaa sohib banget pokoknya.. Nah rencananya saya pengen masuk SMA 1  saya pengen masuk sana krna gebetan saya ada di situ hihihi sekolahan SMP 1 ma SMA 1 kan sebelahan jadinya banyak cinlok gitu hahaa... tapi apa daya waktu mendekati ujian nasional papa harus pindah tugas ke Jawa hiks hiks... Di sini lah hidup saya rasanya hancur berkeping-keping karana harus pisah ma sahabat-sahabat,
and family,,, mereka gak tergantikan apapun pokoknya.. setelah lulus SMP saya pindah ke jawa.. di sini saya ngerasa asing se asing asingnya.. gak ngerti bahasanya,ga tau jalan mana-mana.. mana Malang jalannya ribet gitu gak kayak di Samarinda,,, berhubung mama saya guru di SMA 1 Batu,saya akhirnya di sekolahin di Batu juga,saya gak mau satu sekolahan ma mama,dulu ampe dimarah-marahi suruh masuk SMA 1,tapi ga mau ah.. ntar yang ada tiap gerak gerik ketahuan.. akhirnya saya memilih masuk SMA 2 Batu,,, asli di sana saya ngerasa masuk ke dunia lain hahahaa habis bahasanya jawa kabeh rek.. ga nngerti blassss... untung saya dapet sahabat yang cantik dan baiknya minta ampun.. dia tu telaten ngajarin saya bahasa jawa,sampe akhirnya saya lancar ngomong pake bahasa jawa,, makasih ya my best friends,,,, waktu SMA saya masuk IPA dgn harapan bisa masuk falkutas apapun yang dipengenin dannn akhirnyaaaaa waktu kelulusan saya harus kuliah di jakarta berhubung sekolah kedinasan makanya saya rela jauh-jauh ke sana ato kata lain mumpung sekolah gratis jiakakak....sebelumnya sya keterima di universitas brawijaya,udah bayar uang masuk cing tapi ditinggalin gitu aja.... next saya harus cau ke Jakarta di sana saya digenjot habis-habisan kan sekolah semimiliter gitu,adu adu mak jang hidup saya berubah dratis di sini apa-apa harus sendiri,apa-apa harus cepat,dan buanyak banget kegiatan,ampe yang namanya tidur dalam sehari cuma 3 ato 4 jam... makanya di kelas waktu dosen jelasin itulah saya pernah ketiduran yihhaaa sampe-sampe terkenal satu angkatan kalo saya hobi ngantuk di kelas,, saya palink ga bisa begadang,maklum dulu masih adaptasi,, akhirnya lama-lama saya terbiasa juga,ga pernah tidur di kelas lagi tapi di mushola :))...di sekolah kedinasan inilah saya banyak belajar hidup,jadi cewek yang kuat,pemberani,rajin, banyak sahabat dar sabang sampe marauke..subhanallah nikmat mana yang kamu dustakan hihi.... pokoknya asik banget sekolah di sini apalagi di jakarta yang rame gitu,dari situ saya jatuh cinta ma Jakarta,kota yang orang fikir gak asik,padahal asik banget... next berlanjut ke penempatan,alhamdulillah dapet penempatan di Negara,Bali... walaupun gak di kota.. dan ini pertama kalinya lho saya gak tinggal di kota besar hihihi mungkin di taruh di sini biar saya banyak belajar lagi tentang hidup,, gak cuma hidup di kota dan semuanya serba ada.. meskipun gitu saya bersyukur karna gak jauh-jauh dari rumah orang tua.. tinggal naik travel 9 jam udah bisa nyampe rumah.. dan biaya transpornya pun cuma seratus ribuan... sekian lah perjalanan sejarah singkat saya... :))) nanti lain kesempatan kalo dah berjalannya waktu insyaallah saya update lagi *berasapenting :D thanks buat yang udah capek-capek baca :p


Kamis, 28 Juli 2011

Kangen 3 Angels :D

Foto bareng (Oktober tahun 2010) sebelum kami berpisah  ke penempatan hiks.... Si Indah pengen banget kita foto bertiga,kami memang sudah deket dari awal masuk kampus...  Katanya buat kenang-kenangan :') kalo foto perpisahan kayak gini bikin saya gak mau pisah, tapi kenyataannya kami memang ditakdirkan pisah -__-" miss all :*  Indah ato Riandy Putri yang pake jibab orange sama kayak saya,sedangkan Nadya Soraya yang pake jilbab hitam... :))





Selasa, 19 Juli 2011

Salju, Fenomena Alam yang Menakjubkan : Cintaku Sehangat Salju


Febdian Rusydi (Rijksuniversiteit Groningen)

SAAT ini di Eropa dan wilayah utara bumi tengah musim dingin.Salah satu fenomena menarik saat musim dingin adalah salju. Menjadi unik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya hadir secara alami di negeri empat musim atau di tempat-tempat yang sangat tinggi seperti puncak gunung Jayawijaya di Papua. Kenapa salju secara alami tidak bisa hadir di wilayah tropis seperti negeri kita?
Proses pembentukan salju
Untuk menjawab itu, bisa kita mulai dari proses terjadinya salju. Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer Bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (yaitu temperatur di mana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat), kemudian menggumpal membentuk awan. Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara – persis seperti kayu balok yang mengapung di atas permukaan air. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya. Awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke Bumi.
Partikel air yang jatuh itu adalah air murni (belum terkotori oleh partikel lain). Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0 derajat Celcius, karena pada suhu tersebut terjadi perubahan fase dari cair ke padat. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah daripada 0 derajat Celcius. Ini juga terjadi saat kita menjerang air, air menguap kalau temperaturnya di atas 100 derajat Celcius karena pada 100 derajat Celcius adalah perubahan fase dari cair ke uap. Untuk mempercepat perubahan fase sebuah zat, biasanya ditambahkan zat-zat khusus, misalnya garam dipakai untuk mempercepat fase pencairan es ke air.
Biasanya temperatur udara tepat di bawah awan adalah di bawah 0 derajat Celcius (temperatur udara tergantung pada ketinggiannya di atas permukaan air laut). Tapi, temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan, sehingga air murni dengan cepat menjadi kristal-kristal es.
Partikel-partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut nukleator, selain berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan, juga perekat antaruap air. Sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung bersama dengan partikel air lainnya membentuk kristal lebih besar.
Jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal-kristal es jatuh ke tanah. Dan inilah salju! Jika tidak, kristal es tersebut meleleh dan sampai ke tanah dalam bentuk hujan air.
Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan, tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas. Kadang kala, jika temperatur sangat rendah, kristal-kristal es itu bisa membentuk bola-bola es kecil dan terjadilah hujan es. Kota Bandung termasuk yang relatif sering mengalami hujan es. Jadi, ini sebabnya kenapa salju sangat susah turun secara alami di daerah tropik yang memiliki temperatur udara relatif tinggi dibanding wilayah yang sedang mengalami musim dingin.
Struktur unik salju
Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia ini (lihat Gambar SnowflakesWilsonBentley.jpg) – ini seperti sidik jari kita. Bayangkan, salju sudah turun semenjak bumi tercipta hingga sekarang, dan tidak satu pun salju yang memiliki bentuk struktur kristal yang sama!
Keunikan salju yang lainnya adalah warnanya yang putih. Kalau turun salju lebat, hamparan bumi menjadi putih, bersih, dan seakan-akan bercahaya. Ini disebabkan struktur kristal salju memungkinkan salju untuk memantulkan semua warna ke semua arah dalam jumlah yang sama, maka muncullah warna putih. Fenomena yang sama juga bisa kita dapati saat melihat pasir putih, bongkahan garam, bongkahan gula, kabut, awan, dan cat putih.
Selain itu, turunnya salju memberikan kehangatan. Ini bisa dipahami dari konsep temperatur efektif. Temperatur efektif adalah temperatur yang dirasakan oleh kulit kita, dipengaruhi oleh tiga besaran fisis: temperatur terukur (oleh termometer), kecepatan pergerakan udara, dan kelembapan udara. Temperatur efektif biasanya dipakai untuk menentukan “zona nyaman”. Di pantai, temperatur terukur bisa tinggi, namun karena angin kencang kita masih merasa nyaman. Pada saat salju turun lebat, kelembapan udara naik dan ini memengaruhi temperatur efektif sehingga pada satu kondisi kita merasa hangat.
Jadi, Anda bisa mengirim ungkapan romantis kepada teman Anda, “cintaku sehangat salju”. Kalau dia tidak paham, kesempatan untuk Anda menjelaskan fenomena ini. Fisika pun bisa menjadi senjata yang andal bagi mereka yang sedang pedekate.***
Gambar: Contoh-contoh bentuk kristal salju yang diambil oleh Wilson Bentley pada tahun 1902. Gambar diambil dari situs wikipedia.org.
Sumber : Pikiran Rakyat (28 Desember 2006)

Senin, 18 Juli 2011

Kenalken


Assalamualaikum... 
     Langsung aja yah nama saya Selina Ayuningtyas. Biasanya dipanggil Selly. Waktu di SMA dulu panggilannya Che-che Cina bukan tapi panggilannya ituu, awalnya sebutan Che-che diciptain sahabat saya namanya Anita. Lama-lama nyebar satu sekolahan dengan panggilan itu. Awalnya gara-gara ada anak sebelah kelas saya yang namanya Sella, jadi waktu dipanggil 'Sel'.. Sontak kami berdua noleh. Saya anaknya manja mungkin karena saya anak terakhir kalik ya. Gimana ngga manja orangtua saya ma kakak laki2 saya Dhimas suka manjain terus, jadilah terbentuk sifat manja.  Tapi orangtua saya mendidik harus mandiri, meskipun ada pembantu di rumah, saya harus bisa masak, beres-beres rumah, nyuci semuanya sendiri, dan itu diajarkan orang tua saya dari saya masih kecil. Selain itu kata orangtua saya, saya orangnya dewasa, bisa mecahin masalah dan ngebantuin masalah orang lain, saya juga suka kaget kalo sahabat2 saya ada yang bilang 'Sely tu dewasa' dan si mama 'Adek tu dewasa, jadi mama suka cerita ke adek'. Ada gitu yah orang manja tapi dewasa, itulah saya... Saya orangnya suka senyum, kadang suka diolokin ma temen-temen muka kok senyum-senyum terus. betewe tujuan punya blog sendiri,, biar makin banyak temen,, dan bisa diwarisin ke anak cucu *ciee sok iya aja tulisannya,, thanks ya sudah bersedia mampir ke blog :)))