Jumat, 28 Desember 2012

edisi evaluasi resolusi 2012

dulu pernah nyobain bikin resolusi tahun 2012,, artikelnya di sini..
sekarang mau evaluasi ceritanya.... mana yang terlaksana .. mana yang belum terlaksana *cek ilehh berat bahasanya* :D

kemaren resolusinya itu

1. Bahagia, Sehat selalu   (*amin)
  •  alhamdulillah ya.. teteup bahagia,, meskipun dapet musibah besar taun ini :( 
2. Kuliah S1 (*amin)
  • belum mulai kuliah :D
3. Lamaran dari my beb   (*amin)
  • sip.. terlaksana :))
4. Married with my beb   (*amin)
  • terlaksana.. tanggal 5 mei 2012 :))
5. Living in Batu city with my beb InshaAllah   (*amin)
  • siapa sangka siapa duga,, bisa pindah ke Malang.. SK keluar per agustus ^^
6. Minimalis House (*amin) 
  • siapa sangka siapa duga... taun 2012 udah punya rumah.. :))
7. Cosmetology courses   (*amin) 
  • tanpa kursus udah lihai nih hahaha *alibi padahal gak berhasil ikut kursus* ;p
8. Pregnant? (*amin)  
  • siapa sangka siapa duga saya bakal hamil taun 2012... barakallah :)
9. tabungan! (*semangat!!!)
  • berhasil memenuhi target :D 

bener yah kata kebanyakan orang.. lebih baik kamu punya resolusi,, biar tau tujuan kamu mau kemana.. dan dibawa kemana... siapa yang nyangka, saya iseng bikin resolusi yang saya pengen di tahun 2012 sama Allah di acc langsung,, yang belum di acc pasti Allah tau yang terbaik buat saya :)).. 
buat semua hasil resolusi ini saya bersyukur banget.. alhamdulillah banget pokoknya... Termakasih Allah...   :))

Rabu, 24 Oktober 2012

jumpa lagi :D

hai hai.. lama banget yak ga update blog.. ampe karatan ni blog :D maap ya blogku sayang *kecup2*.. hmmm mau cerita apa yah.. cerita dimulai kenapa aja gak update2 blog ya.. jadi gegara awalnya tu mau update blog pasti pengennya ngasih tau di blog kalo saya hamil. tapi takut pamili kata orang2 kalo baru hamil kalo bisa jangan banyak yang tau, ato jangan sesumbar.. jadi tahan2 diri tu ga update blog.. ehhh malah keterusan malesnya yah -_-? btw sekarang alhamdulillah tanggal 22 oktober kemaren yang artinya pas 4 bulan, kata orangtua insyaallah udah fase amannya orang hamil,, jadi ga papa la ya posting kabar hamil sekarang ^^..
gimana selina rasanya hamil? wow luar biasa (ga pake korol ya :p)... jadi awal kehamilan saya itu, gak diduga-duga alias surprice.. saya ma suami waktu itu ketemunya sebulan sekali.. jadi saya haid terakhir itu tanggal 22 juni.. suami dateng ke bali kalo ga salah awal tanggal 4-5 juli.. nginep di rumah dines saya di bali cuma dua hari satu malem..nah pas bulan julinya saya pulang ke malang tanggal 23 juli.. kok ya saya itu di rumah gak kuat puasa.. lemesnya minta ampun.. padahal biasanya puasa tu kuat2 aja.. si mama udah bolak balik nyuruh beli testpack.. tapi saya ga mau.. masak iya hamil.. bukan ga mau hamil.. tapi takut kecewa.. soalnya sebulan yang lalu testpack bolak balik tapi negatif.. pas besoknya si mama tanya lagi, dah halangan belum?.. belum sik.. ya udah beli testpack sana dek.. besok lusa aja ma, takutnya besok keluar haid.. singkat cerita besok lusanya si mama gemes.. maksa nyuruh testpack.. akhirnya suami saya pulang kantor mampir apotek buat beli testpack.. besok paginya bangun tidur saya langsung cobain *penasaran juga*.. pas nungguin 3 menit,, ga lama keluar dua garis.. tapi satunya samar-samar gitu.. saya pake testpacknya sensitif.. saya heboh keluar kamar nunjukin ke mama.. mama langsung senyum terus bilang itu positif dek.. saya ke kamar suami sambil tunjukin hasil ke suami tapi ekspresinya datar2 aja.. malah bilang masih kabur gitu, jangan seneng dulu, ntar kecewa.. suami takut kecewa kayak bulan2 lalu kalik yah ampe datar gitu ekspresinya -_-

samar banget kan


2 hari berikutnya saya balik ke bali..siangnya langsung ke apotek beli dua testpack.. kali ini beli yang murah2 aja.. besoknya subuh2 saya coba test lagi... .. beli testpack akurat ma onemed.. hasilnya gini 


siangnya saya ke bidan tetangga sebelah rumah saya, saya tunjukin testpask ini, si mbak bidan bilang kalo ini postitif.. alhamdulillah ya Allah.. saya langsung kirimin foto lewat whatups ke suami.. suami langsung telpon pake nada suara girang.. ehh ternyata suami senengnya minta ampun :)

sorenya.. saya langsung cek ke dokter spesialis kandungan.. pengen liat dedeknya udah sebesar apa.. eh ga taunya ga keliatan sama sekali waktu di usg lewat perut -_- akhirnya ma dokter diusg transvaginal (lewat vagina), kurang lebih gini cara kerja alatnya
 

di layarnya baru keliatan lingkaran sebesar telur ayam.. kata dokter itu plasentanya tempat si anak tumbuh.. subhanallah :) si dedek emang belum keliatan,, baru umur 7 minggu.. yang penting kata dokter di dalam rahim jadi aman,, selanjutnya cek ke dokter sebulan sekali aja..

 
selang dua minggu kabar bahagia hamil ini,, saya terima kabar gembira lagi, sk pindah kerja saya ke malang udah di acc.. euhhh seneng banget... kirain bakal melahirkan di sini.. alhamdulillah banget.. Allah baik banget.. agustus saya terima sk.. tapi ma kepala baru boleh pindah bulan oktober..lumayan kejam :D tapi tak apalah daripada gak pindah sama sekali ya :)
suami ma keluarga juga seneng banget dapet kabar kalo oktober saya sudah bisa pindah..
nah selama kehamilan awal ampe 3 bulan, saya di rumah dinas bali sendirian... suami dateng ke bali dua minggu sekali.. saya mun-mun sendirian tiap hari.. sebenernya saya kuat2 aja hamil.. tapi jadi lemes gara2 tiap makanan masuk perut ehh keluar lagi.. sedihnya di situ.. gak ada keluarga yang jagain.. lebaran pun saya gak bisa ke malang.. masih kerja lebaran2 juga..  ini teh baru namanya abdi negara :D
walopun lemes2 gitu saya harus kuat dong ;) hamil kan anugerah banget jadi gak boleh sedih.. harusnya seneng ^^..

bulan oktober...
drop parah itu waktu usia kehamilan mau 4 bulan.. gusi saya bengkak semua.. sakitnya minta ampun.. biasanya saya sakit tu ga pernah sampe nangis. waktu habis operasi aja dulu kaki saya sakit semingguan tapi gak nangis sama sekali.. ehh ini gara2 gusi aja sakit bikin ga bisa tidur, ga bisa makan.. akhirnya di kamar nangis sendirian :D gak kuat nahan sakitnya gusi bengkak hiks.. ke dokter kandungan malah dikasih dosis tinggi,, saya gak berani minum tu obat.. akhirnya saya ke dokter gigi.. ma dokter gigi dikasih obat kumur antiseptik (rasanya kayak betadine) nanti deh ya di update foto obatnya.. tanggal 4 oktober saya dijemput papa, mama ma suami ke bali, biar langsung pulang ke batu.. barang2 di rumah dines dibiarin,, mertua yang nanti ke bali bantuin beresin barang saya. saya udah pucat,kurus,, kata papa,mama ma suami mau di opname aja,, soalnya ga ada makanan yang masuk sama sekali.. huhu.. ga sempet pamit ke tetangga pake acara makan2.. padahal niatnya kalo saya gak sakit.. perpisahan ma temen2 kantor pake acara makan2.. ehh ndi lalah sakit.. yo wes ga jadi :( pamit ke temen2 komplek dines maghrib2 pamit ke rumah satu2 saya datengin..  habis maghrib saya ma keluarga berangkat.. tengah malem jam 3 pagi nyampe batu,, paginya saya minta asparagus.. akhirnya ma mama dipesenin asparagus, diantar ke rumah.. akhirnya bisa makan.. suami ma mama seneng saya bisa ngabisin asparagus satu porsi,,saya gak mau di opname, jadinya saya paksain aja makan2 sambil nahan sakitnya gusi bengkak.. saya rutin pake obat kumur sehari 3 kali.. nah alhamdulillah dua hari kemudian mulai kempes bengkak gusinya.. baru sembuh 4 hari setelah pake obat kumur itu.. mulai bisa makan nasi lembut bukan bubur.. seminggu makan bubur bikin timbangan saya turun 6 kilo.. kasian si dedek huks.. sya periksa kandungan ke melati husada malang,, dedeknya di usg, alhamdulillah berat badan si dedek normal,, panjangnya juga normal :*


bye bye meja kerja yang udah dua taun nemenin :')

bye bye rumah dinas :*
begitu sembuh dari sakit, langsung diajak papa, mama, suami makan pizza.. asekk bisa nelen makanan  enak :9

masih pucet tapi udah bisa senyum :D
masuk kantor udah pake muka seger :))

alhamdulillah usia kandungan 4 bulan ini udah ga mun-mun lagi,, timbangan juga udah naik lagi.. sekarang udah kumpul ma papinya si dedek.. udah kumpul keluarga besar.. udah tinggal di batu,, udah kerja di malang.. temen2 kantor di sini baik2 banget bikin makin betah di kantor,, makasi Allah :)))

Minggu, 05 Agustus 2012

Ngunduh Mantu

Jadi foto-foto nikahan yang ada diacaranya suami baru saya lihat sekarang.. baru bisa dipublish deh.. hasilnya suka banget, fotonya natural, simple, keren.. muji diri sendiri, ga ada yang muji sih haha.. acara ngunduh mantu ini diadain di pacet, mojokerto, jawa timur, tepatnya di hotel sativa pacet, nah waktunya sendiri tanggal 19 Mei 2012 *reviewnya telat parah hahaha*.. 
awal cerita kami semua menuju villa sativa satu hari sebelum acara mulai.. 
kami sekeluarga emang nginep di villa sativa. mertua nyewa 3 villa. semua untuk keluarga saya. sedangkan keluarganya suami nginep di rumah masing2, secara ya masih di daerah situ2 aja. saya ma suami dikasih villa satu rumah sendiri. takjub banget, villanya bagus, tapi sayang villa yang buat kami berdua ditaruh di ujung sendiri, serem! katanya biar gak keganggu bulan madunya -_- 
malem2 waktu mau tidur kami diketokin pintu ma orang, widiw dah parno aja saya mah,, eh ga taunya officeboy ngater sop iga,, nyum nyum,, ga jadi tidur-tiduran deh kami :p saya seneng banget ma iga sapi,, padahal baru aja saya makan satu jam yang lalu, trus makan lagi, mubajir dong kalo ga dimakan hehe.. habis makan kita nonton tivi,, lama2 makin ngantuk, akhirnya ketiduran, ga jadi tidur-tiduran haha.. awalnya saya nyenyak tapi gara2 mati lampu saya kebangun lagi, ya ampun saya gelagapan kalo tidur mati lampu gt.. suami jadi kebangun juga gara2 saya ngerengek bilang ga bisa tidur, eh giliran suami bangun lgsg nyala lampunya. mati lampu lagi begitu saya nyenyak, bangun lagi saya, adu itu saya ke bangun ada kalik 5 kali bolak balik lampunya mati nya mati nyala, macam lampu disko :D ahh akhirnya subuh aja tu ya.. saya bangun langsung beres2sin barang2 kami berdua, habis itu langsung mandi. ya bener aja waktu subuhnya saya mandi, saya udah takutnya minta ampun, takut mati lampu lagi waktu asik mandi, mana si kamar mandi tema majapahit gitu, yang bikin saya takut itu gara2 ada fotonya nyi roro kidul di dinding kamar mandi krik krik.. suami diajak mandi bareng ga mau katanya masih ngantuk :p suami jelas ga mau mandi jam segitu, di pacetkan dinginnya minta ampun, siapa yang mau coba mandi jam 5 pagi, sdgkn saya harus mandi jam 5 itu karna mau diriasnya jam 6 ewwwu.. akhirnya suami ngebukain jendela kamar mandi yang langsung keliatan ke kamar, kata suami biar ga takut lagi jadi kalo mati lampu saya langsung lompat aja dari jendela, kan jendelanya persis di samping tempat tidur suami wuhaha.. udah selesai saya mandi, solat, saya ngerengek minta liat sunrise.. akhirnya suami mau ga mau mandi juga.. saya ganti baju.. tiba2 suami dari kamar mandi heboh keluar kamar mandi,, "yank itu yang nulis di kaca kamar mandi adek ya?",.. "ahh ngapain adek nulis gitu, adek kan lagi ganti baju, waktu mas mandi".. "sini deh dek"ditarik suami ke kamar mandi.. ditunjukin di kaca kamar mandi, di kaca itu ada embun bekas suami mandi air panas dari shower, nah embun di kaca itu ada bekas jejak tulisan, saya ketawa hahaha ada tulisan "papi elek".. kami berdua emang seharian waktu di kamar sering saling manggil papi, mamian.. asli bukan kami berdua yang nulis, terus siapa dong? sedangkan di villa ini cuma kami berdua yang kuasai wehehe.. kalo ampe hantu,, hantunya aja tau mana cowok ganteng mana cowok elek hahahahh piss.. 
habis suami mandi kita langsung keluar kamar, pas banget sunrisenya muncul, tepat di depan kamar,, widiw keren.. kita sempet foto2 tapi fotonya ga ada yang bagus, yang ambil foto kami tu om saya, si om ga bisa motoin yang bagus -_- kita jalan2 di sekitar villa sambil nunggun periasnya dateng, eh lamaa banget periasnya baru dateng, akhirnya jam 7 baru dateng periasnya. tuas saya mandi jam 5 hoamm.. 
saya langsung dirias sampeee jam setengah sembilan..

ini hasilnya :))


  

gantengnyaa suamiku :D
lagi nikah masih aja sibuk ma hape -_-
rempong deh ya mau jadi manten aja dandanya lama benerrr.. ampe2 saya ngantuk nungguin periasnya ngukir-ngukir kepala sayahh.. alamak tolong andai saya bisa dandan ala cowok gitu..ga ribet.. ga pake dempul.. lipstik juga gak suka ah warna merah huhuhu.. tapi ga boleh lipstik warna natural T_T untung aja jadinya cantik, kalo ga bagus udah saya manyunin aja tuh hahaha.. semua keluarga bilang cantik, ah jadi malu saya :p ya iyalah kalo bilang jelek, ntar suami langsung ngomel jiahaaa... 
jam setengah sepuluh dari villa nyebrang ke gedung nikahan depan jalan seberang villa.. widiw ternyata tamunya banyak juga yah.. ehh suamiku romantis banget lho, masak saya digandeng terus gak boleh lepas,,hihi.. masuk ke dalam gedung diliatin seluruh keluarga besar, pada bilang cantik dari jauh,, ahh bisa ajah,, makin geer nih hahaha,, ampe di panggung.. muali deh acara sungkem2man,, gak suka ma acara ginian, bisa bikin saya nangis sih hahaha.. eh bener aja baru aja nyentuh kaki papa, saya udah sedot-sedot inyus.. suami panik," adek nangis? jangan nangis ntar bedaknya luntur, udah2 yang".. dienkkk!! ini siapa yang pake make up siapa yang heboh takut kenapa-kenapa makeupnya wekekeke..
 perias langsung datengin saya baikin eyliner di bawah mata plus bedakin pipi saya lagi.. tapi inyussnya masih srutttt2tann huks.. jadilah waktu foto ma keluarga besar, saya bolak balik naruh tisu di hidung.. heran, kenapa mendadak jadi pilek.. jadi gak maksimal kan action di depan umum hahaha.. makin lama makiiiinnnnnn banyak aja tamunya mertua..
owalah ini tamu kog ya banyak bener.. di luar dugaan aja.. tamu sama sekali gak ada berhetinya datengnya.. kaki udah pegel.. bolak balik goyang2ngin kaki,, berasa kaya upacara awal bulan di kampus dulu hahaha masih mending mah upacara awal bulan, ini berdiri 3 jam bokk.. tapi seneng sih, soalnya ngeliat suami ma mertua seneng,, pada banyak yang dateng.. apalagi temen2nya suami pada banyak yang dateng.. jam setengah satu,, udah mulai habis tamunya,, akhirnya saya, suami, ma papa naik pangung buat "menghibur".. iya apalagi kalo gak nyanyi bareng hahha seru-seru.. udah lama banget saya gak nanyi bareng papa. terakhir nyanyi di depan umum bareng papa itu kan waktu brithday party 17tahun saya,, udah lamaa yua.. skrg nyanyi lagi udah diambil orang aja yah pa anaknya hiks.. seneng deh liat papa bisa senyum.. stelah satu minggu ngeliat papa sedih terus.. habis nyanyi2 kami makan deh.. gak nafsu makan, tumben yah haha.. iya gak tau,, saya kalo pake baju gini, dari sejak TK pasti mendadak gak nafsu makan.. sambil makan, kami diwawancarai ma videonya WO.. ngakak parah deh,, kaku, bingung mau ngomong apa hehehe...
bodo ah, saya ngasal aja ngomongnya,, yang penting koment.. habis di wawancara, kami balik ke kamar deh.. nah sampenya di depan villa udah di sambut ma fotografer,, ngajakin foto post wedding.. amigos.. panas bok.. tapi ngeliat suami semangat.. saya ikutan semangat juga dong.. akhirnya kita foto2 di depan villa,, widiww panas,pegel,capek ilang gitu aja gara2 foto-foto gituan,, asli si suami mah gokil abis,, jadi gak berasa difoto sebanyak itu.. ampe2 fotografernya juga ketawa mulu,, ahhh suamiku kamu emang manis dan lucu lhoo :p 


post wedding :)



selesai post wedding balik ke villa,, ampe di kamar,, keluarga pamit balik ke malang duluan,, soalnya saya balik ke rumah mertua.. perabotan make up saya dibantuin ngelap ma ibu mertua.. suami yang beres2sin ma angkat2 barang.. ahhh alhamdulillah ya udah beres tuntas acara nikah2 ini.. keluarga suami balik ke rumah.. ahh nikmat banget,., makasi Allah buat semua.. sayang Allah banget :* semua indah pada waktunya :')    


Photography by Real Djava

love this moments :*

Jumat, 13 Juli 2012

laluna - tetaplah mencintaiku



malem ini ditemenin lagu ini.. 
dari tadi bolak balik diputer lagi lagi dan lagi :))

Rabu, 11 Juli 2012

zakat


senyum mereka, senyum kita juga :,)
selama ini untuk masalah zakat selalu dibayarin orangtua, karena kemaren belum kerja, belum nikah juga. nah sekarang berhubung saya sudah kerja ditambah udah nikah juga. otomatis saya harus bisa mandiri contohnya masalah zakat *ini penting*. kadang ngerasa ilmu saya masih kurang. padahal ilmu agama itu penting. ibarat kalo kita tanpa ilmu agama, tujuan hidup kita ga jelas untuk apa. bukan mau mengurui ato apa postingan ini. buat sama-sama tambah ilmu,, posting ini juga buat catetan diri saya sendiri dan siapa tau berguna juga buat yang ga sengaja baca tulisan ini :)) saya sekarang mau bahas tentang zakat.. kalo dituliskan memang banyak.. ini sudah saya rangkum padahal, tapi masih banyak aja ya.. semangatttt ^_^




Menurut Bahasa(lughat), zakat berarti : tumbuh; berkembang; kesuburan atau bertambah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan (QS. At-Taubah : 10). Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.
Macam-macam Zakat
a. Zakat Nafs (jiwa), juga disebut zakat fitrah.

·         Zakat fitrah untuk kelebihan dari kebutuhan pokok dalam sehari semalam Idul Fitri. 1 sha’ = 2,5 kg atau 3,5 liter atau senilai itu dalam bentuk mata uang. Dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri.

b. Zakat Maal (harta).

·         Pengertian Maal (harta)
  1. Menurut bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya
  2. Menurut syar’a, harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim).
    sesuatu dapat disebut dengan maal(harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat, yaitu:
    1. Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dikuasai
    2. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dll.


Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati
a.  Milik Penuh (Almilkuttam)
Yaitu : harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram, maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib, sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya.
b.  Berkembang
Yaitu : harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang.
c. Cukup Nishab
Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara’. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat
d.  Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah)
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum (KHM), misal, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, dsb.
e. Bebas Dari hutang
Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.
f.  Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)
Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak, harta simpanan dan perniagaan. Sedang hasil pertanian, buah-buahan dan rikaz (barang temuan) tidak ada syarat haul.Emas simpanan 85 gram 2,5 persen Syarat wajib zakat : setelah mencapai haul (satu tahun)


NISHAB DAN KADAR ZAKAT

1.      Emas Dan Perak
Nishab emas adalah 20 dinar (85 gram emas murni) dan perak adalah 200 dirham (setara 672 gram perak). Artinya bila seseorang telah memiliki emas sebesar 20 dinar atau perak 200 dirham dan sudah setahun, maka ia telah terkena wajib zakat, yakni sebesar 2,5 %.
Demikian juga segala macam jenis harta yang merupakan harta simpanan dan dapat dikategorikan dalam “emas dan perak”, seperti uang tunai, tabungan, cek, saham, surat berharga ataupun yang lainnya. Maka nishab dan zakatnya sama dengan ketentuan emas dan perak, artinya jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena wajib zakat (2,5 %).
Perak simpanan 595 gram 2,5 persen Syarat wajib zakat : setelah mencapai haul (satu tahun)

2.      Hasil Profesi
a.      Dasar Hukum
Firman Allah SWT:
dan pada harta-harta mereka ada hak untuk oramng miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bagian

(QS. Adz Dzariyat:19)
b.      Firman Allah SWT:
Wahai orang-orang yang beriman, infaqkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.

(QS Al Baqarah 267)
c.       Hadist Nabi SAW:
Bila zakat bercampur dengan harta lainnya maka ia akan merusak harta itu

(HR. AL Bazar dan Baehaqi)

Hasil Profesi
Hasil profesi (pegawai negeri/swasta, konsultan, dokter, notaris, dll) merupakan sumber pendapatan (kasab) yang tidak banyak dikenal di masa salaf(generasi terdahulu), oleh karenanya bentuk kasab ini tidak banyak dibahas, khusunya yang berkaitan dengan “zakat”. Lain halnya dengan bentuk kasab yang lebih populer saat itu, seperti pertanian, peternakan dan perniagaan, mendapatkan porsi pembahasan yang sangat memadai dan detail. Meskipun demikian bukan berarti harta yang didapatkan dari hasil profesi tersebut bebas dari zakat, sebab zakat pada hakekatnya adalah pungutan harta yang diambil dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin diantra mereka (sesuai dengan ketentuan syara’). Dengan demikian apabila seseorang dengan hasil profesinya ia menjadi kaya, maka wajib atas kekayaannya itu zakat, akan tetapi jika hasilnya tidak mencukupi kebutuhan hidup (dan keluarganya), maka ia menjadi mustahiq (penerima zakat). Sedang jika hasilnya hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan hidupnya, atau lebih sedikit maka baginya tidak wajib zakat. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok, yakni, papan, sandang, pangan dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya. Zakat profesi memang tidak dikenal dalam khasanah keilmuan Islam, sedangkan hasil profesi yang berupa harta dapat dikategorikan ke dalam zakat harta (simpanan/kekayaan). Dengan demikian hasil profesi seseorang apabila telah memenuhi ketentuan wajib zakat maka wajib baginya untuk menunaikan zakat.
Contoh:
Akbar adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di kota Bogor, memiliki seorang istri dan 2 orang anak.
Penghasilan bersih perbulan Rp. 1.500.000,-.
Bila kebutuhan pokok keluarga tersebut kurang lebih Rp.625.000 per bulan maka kelebihan dari penghasilannya = (1.500.000 – 625.000) = Rp. 975.000 perbulan.
Apabila saldo rata-rata perbulan 975.000 maka jumlah kekayaan yang dapat dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun adalah Rp. 11.700.00 (lebih dari nishab).
Dengan demikian Akbar berkewajiban membayar zakat sebesar 2.5% dari saldo.
Dalam hal ini zakat dapat dibayarkan setiap bulan sebesar 2.5% dari saldo bulanan atau 2.5 % dari saldo tahunan.
sumber :
Al Faridy, Hasan Rifa’i, Drs.,Panduan Zakat Praktis, Dompet Dhuafa Republia, 1996

3.      Saham dan Obligasi
Pada hakekatnya baik saham maupun obligasi (juga sertifikat Bank) merupakan suatu bentuk penyimpanan harta yang potensial berkembang. Oleh karenannya masuk ke dalam kategori harta yang wajib dizakati, apabila telah mencapai nishabnya. Zakatnya sebesar 2.5% dari nilai kumulatif riil bukan nilai nominal yang tertulis pada saham atau obligasi tersebut, dan zakat itu dibayarkan setiap tahun.
Contoh:
Nyonya Salamah memiliki 500.000 lembar saham PT. ABDI ILAHI, harga nominal Rp.5.000/Lembar. Pada akhir tahun buku tiap lembar mendapat deviden Rp.300,-
Total jumlah harta(saham) = 500.000 x Rp.5.300,- = Rp.2.650.000.000,-
Zakat = 2.5% x Rp. 2.650.000.000,- = Rp. 66.750.000,-

4.      Undian dan kuis berhadiah
Harta yang diperoleh dari hasil undian atau kuis berhadiah merupakan salah satu sebab dari kepemilikan harta yang diidentikkan dengan harta temuan (rikaz). Oleh sebab itu jika hasil tersebut memenuhi kriteria zakat, maa wajib dizakati sebasar 20% (1/5)
Contoh:
Fitri memenangkan kuis berhadiah TEBAK OLIMPIADE berupa mobil sedan seharga Rp.52.000.000,- dengan pajak undian 20% ditanggung pemenang.
Harta Fitri = Rp.52.000.000,- -Rp.10.400.000,- = Rp.41.600.000,-
Zakat = 20% x Rp.41.600.000,- = RP.8.320.000,-

5.    Hasil penjualan rumah (properti) atau penggusuran
Harta yang diperoleh dari hasil penjualan rumah (properti) atau penggusuran, dapat dikategorikan dalam dua macam:
a. Penjualan rumah yang disebabkan karena kebutuhan, termasuk penggusuran secara terpaksa , maka hasil penjualan (penggusurannya) lebih dulu dipergunakan untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya. Apabila hasil penjualan (penggusuran) dikurangi harta yang dibutuhkan jumlahnya masih melampaui nishab maka ia berkewajiban zakat sebesar 2.5% dari kelebihan harta tersebut.
Contoh:
Pak Ahmad terpaksa menjual rumah dan pekarangannya yang terletak di sebuah jalan protokol, di Jakarta, sebab ia tak mampu membayar pajaknya. Dari hasil penjualan Rp.150.000.000,- ia bermaksud untuk membangun rumah di pinggiran kota dan diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp.90.000.000,- selebihnya akan ditabung untuk bekal hari tua.
Zakat = 2.5% x (Rp.150.000.000,- – Rp.90.000.000,-)
= Rp.1.500.000,-


kalo bingung buat zakat, infaq, wakaf dan lain-lain mau kemana, bisa buka webnya dompet dhuafa di www.dompetdhuafa.org ato follow twitternya @Dompet_Dhuafa :))) 


Selasa, 10 Juli 2012

ngotak ngatik rumah

lagi mikirin gimana caranya rumah mungil saya, bisa terlihat amat sangat manis seperti penghuninya *Lol :p
saya agak kesulitan mikirin dengan keterbatasan ruang rumah kami, supaya bisa terlihat nyaman. itu gimana caranya? yo' po?
saya pengennya rumah minimalis modern. depannya udah rumah model-model minimalis modern, kalo dalemnya ga mendukung, sayang banget ya. terus caranya biar mendukung isinya modern ya kudu beli perabotan rumah yang mendukung, tapi semua kudu pelan-pelan :( kalo langsung minta ada detik ini juga, kasian suami bisa jantungan ntar haha.. harus bisa ngepasin ke uang tabungan juga dong, malah kalo bisa ga boleh ngotak ngatik tabungan *gimana caranye*
kembali ke topik,, jadi gini rumah kami kan tipe 40, kamar kami ada dua, dua-duanya ukuran 3x3,, ruang tamu kami sebesar 3x2,75.. hihihi kecil yah ruangannya :p 
sabar ya buat anak-anak ga mau susah seperti kami berdua ini,, ini kan masih rumah tangga baru, semoga setelah agak lama nikah, rumahnya bisa sebesar istana *amin* :p
gimana caranya nyulap bisa jadi rumah yang isinya bagus, ga sumpek dan pastinya rapi.. aihh ga betah saya kalo liat rumah berantakan plus kebanyakan barang, kayak yang sekarang rumah dinas saya ga banyak barang aja :P bismillah semoga saya bisa ngolah barang-barang kami di rumah imut ini jadi rapi serapi-rapinya..

pertama-tama saya pengen ngedesain ruang tamu,, 
ruang tamu duluan biar keliatan bagus rumahnya, kesan pertama soalnya haha.. 
kalo ruang tamu aja udah ga bagus, bisa keliatan dong tipe yang punya rumah gimana orangnya...
terus kan sofa dikasih dari mama tercinta,, alhamdulillah gratess lage ^0^ sofanya warna merah,, itu sofa dah ada di rumah mama sih,, meskipun ga baru tapi bersyukurrr banget ga perlu beli lagi.. makin sayang mama :-*

 kurang lebih sofa di rumah kek gini, tapi bantalnya itu ada motif ukiran warna putih
berhubung si sofa warnanya merah putih,, otomatis printilan yang lain juga harus ngedukung warna merah putih juga.. lha kok jadi bendera negara kita gini :))

    waa  manisnya.. kurang lebih pengen ngikutin gini, tapi ga bisa sebagus itu juga kalee :P




kedua, ruang tengah 
 suka sama warna merah, pink ma putih <3

pengen beli sofa ruang tengah warna putih  :-*

tapi sofa warna putih cepet kotor,, jadi mending beli sofa warna gelap ya,, padahal udah ngerayu mas andi, dy akhirnya mau beli sofa warna putih, eh skrg malah saya yang galau -_- yo wes ruang tengah belum fix mau diapain haftt 

ketiga, kamar utama
tempat tidur pendek gini yang bikin ruangnya sempit jadi keliatan luas *katanya* tapi agak ditinggiin lagi biar ga susah ngepelnya

nb:
1. dindingnya warna putih bukan pink
2. lemari baju warna putih tapi pintunya ke samping, kayak pintu2 orang jepang,, biar ngurangi jatah ruangan

yang disuka dari gambar ini cuma buffet tivinya keliatan manis

keempat, kamar 2
berhubung kamar dua itu serba guna untuk kamar tamu, perpustakaan, naruh barang-barang, kamar anak juga *insyallahhh,amiiinnnnn*.. jadi pengen kamar kedua ini yang tata barangnya multifungsi

suka rak bukunya, suka penataan barangnya, suka karpetnya juga
 
kasurnya dua kalo ada tamu jadi bisa tidur di situ :)

pengen kamar anak perempuan saya diginiin *kayaknya itu selera maminya deh* :P


kelima, dapur cinta taraaa :D
warna pink semua haha.. secara noniknya suka warna pink jadi dapurnya boleh dong warna favorit,, lagian si suami ga akan mungkin protes mau digimanainpun. jangankan dapur, rumah aja kalo dihias warna pink juga suami manut-manut aja, tapi adek ga sampe hati lah ya sayang :*

pink_kitchen_interior_4


 
 hubiiiii mau dong dapur ma alat-alat masaknya yang kayak gini.. plisssss :P


keenam,, teras rumah
berhubung teras rumah di perumahan itu dah lumayan, 
jadi pengen teras gini ntaran aja kalo udah punya uang lagi *tahan sel tahan*
suka batu-batuannya aja :)


teras atas,, kalo punya duit pengen di tingkat terus dibuat kek gini.. amiiinnn
ngotak ngatik rumah itu rempong tapi sukaaaa... asli yah kalo saya disuruh ngotak ngatik rumah eummmhhh paling hobi.. apalagi kalo suruh belanja perintilan rumah ahhh suka banget banget dong.. tapi kayaknya semua istri juga bakalan kayak saya, apa cuma saya aja yang seheboh ini? :D

Kamis, 05 Juli 2012

2 bulan ku mencintaimu

najong banget judulnya hahaha... alhamdulillah ga kerasa hari ini tepat dua bulan hari pernikahan kami, tepuk tangan tepuk tangan :))) gimana rasanya selina setelah nikah??? hmmm rasanya subhanallah banget banget,, setelah nikah serasa ibadah terus tiap hari, ga ngerasa bikin dosa sama sekali jiakakak sok suci!! iyaaaa beneran deh, kalo dulu sebelum halal itu kan telponan tiap hari, nah lewat hape aja manja-manjaan di telpon itu dah bikin dosa, apalagi kalo ketemu terus ke mall berduaan ya ampooon (_._!) semoga dosa kami berdua dimaafin ya allah, amin

mas andi ngerasain apa yah selama dua bulan ini? makin sayang kah dengan diriku ini :P kalo sepenilaian saya selama dua bulan ini mas andi sayangnya ke istri selalu keliatan.. mulai dari tiap hari bilang sayang, tiap hari perhatian tapi cuma lewat telpon :((  terus mekipun kami ketemuan dua minggu sekali ato seminggu sekali, itu ga bikin kami males-malesan kalo ketemu, malah bikin kami berdua kayak pengantin baru mulu gubrak :D

makin ke sini saya juga makin sayang ma suami. pengen bisa gini terus sepanjang hidup kami, bahkan ampe surga nanti ya sayang.. 
selama saya kenal lebih dalam lagi mas andi dua bulan ini, mas andi itu orangnya hampir ga pernah marah, baik, selalu kalah kalo otot-otatan ma istrinya, romantis banget, selalu tiba-tiba cium kening cium pipi si istri entah itu si istri lagi di dapur di tempat cucian piring di garasi --" , alhamdulillah suka masakan ala kadar istrinya walopun suka request masakan yang terlalu simpel menurut saya misal mau dimasakin yang agak ribet kayak bumbu merah telur puyuh malah mintanya sayur bening cah kangkung tempe goreng krik krik, mau bantuin si istri nyapu rumah nyapu teras cuci piring hihi.. pokoknya selama ini sikap mas andi udah segitu baiknya kalo di list, tapi sayanya masih suka marah lho ke mas andi. kalo mas andi tidur, tapi saya belum tidur kadang suka ngeliatin dia tidur, "kasian suamiku rek, sering diomelin istrinya," *cium kening mas andi sambil doain mas andi yang baik-baik baru saya tidur*. 

semua yang kami lewati emang lagi manis-manisnya tapi bukan berarti ga perah kelahi, bahkan kelahinya banyak juga tapi ya gitu ujung-ujungnya kayak udah ga ada apa-apa lagi. kita berdua malah kelainya kayak anak kecil, suka tarik-tarikan, saling bawel, kelai yang awal mulanya guyon ujung-ujungnya saya nangis. kata mama udah pada nikah tapi masih kayak anak-anak haha jadi malu :))) 

terus terus mas andi sekarang lagi pengen punya baby, saya juga pengen, tapi sayang kami belum dikasih kepercayaan Allah bisa cepet punya momongan, mungkin Allah dah punya waktu terbaik buat kami berdua. sabar ya sayang, insyallah kalo kita pasrah ma takdir Allah pasti Allah juga akan ngasih buat kita. padahal baru dua bulan nikah tapi hasrat kita pengen punya baby udah ada banget, doain kami ya :D


lagi nari ya kamu mas :D
 
sik asik hari sabtu mas andi ke bali, ga sabar pengen cepet ketemuan, kangeeenn :*

selamat dua bulan pernikahan kita sayang, semoga kita berdua menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warrohmah, cepet dapet momongan amin amin...............



Kau mencintaiku Seperti bumi
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Menanggung beban derita
Tak pernah lelah
Menghisap luka

Kau mencintaiku
Seperti matahari
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Membagi cerah cahaya
Tak pernah lelah
Menghangatkan jiwa

Kau mencintaiku
Seperti air
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Membersihkan lara
Tak pernah lelah
Menyejukkan dahaga

Kau mencintaiku
Seperti bunga
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Menebar mekar aroma bahagia
Tak pernah lelah
Meneduhkan gelisah nyala.. 
puisi by ketika cinta bertasbih

Selasa, 03 Juli 2012

anak kucing anggora

ada keajaiban pagi ini.. mas andi yang notabennya anti kucing, pokoknya palink ga suka kucing apalagi ngerawat kucing, tadi pagi malah nawarin mau beliin saya kucing,, padahal tiap saya baru ngelirik kucing aja, hubi mendadak bawel,"aduuuu adek kucingnya jangan dipegang lho ya, udah-udah, jauh-jauh ma kucing",,, ada lagi kata2 favoritenya,,"ihh adek ni ga suka mas ma kucing, jangan dikasih makan terus kucingnya, biar ga dateng terus dek".. dannn mendadak tadi pagi hubi malah mau beliin kucing anggora... wowww ga salahhh tu yah :D

percakapan tadi pagi,,,
M: adek lagi ngapain?
S: habis sarapan yang, mas lagi apa?
M: mas lagi di sidomulyo, ada kegiatan yang
S: iya yang..
beberapa menit kemudian.....
M: adek mau dibeliin kucing anggora ga?
S: ga mau yang,, kasian anak-anak kita nanti (dalam hati pengen banget *garuk2tembok*)
M: beneran? ini ada anak kucing udah umur 6 bulanan,, kalo mau, mas beliin.. nanti udah sepaket ma kandang plus pasirnya..
S: engga mas,, ga usah,, -_- (ini ga salah ya? si mas andi ga habis kejedot tembok kan ya??)
M: ya udah kalo gitu..

huwaaaaa daridulu kan saya suka banget ma kucing, tapi berhubung si kucing penyakitnya ngebahayain banget buat keturunan, jadi mending jauh-jauh ah ma kucing :((
kucing anggora sayang :-*
Sayang gimana kalo beliin adek mobil baru aja?? *dicium hubi ampe pingsan* :)