Jumat, 13 Juli 2012

laluna - tetaplah mencintaiku



malem ini ditemenin lagu ini.. 
dari tadi bolak balik diputer lagi lagi dan lagi :))

Rabu, 11 Juli 2012

zakat


senyum mereka, senyum kita juga :,)
selama ini untuk masalah zakat selalu dibayarin orangtua, karena kemaren belum kerja, belum nikah juga. nah sekarang berhubung saya sudah kerja ditambah udah nikah juga. otomatis saya harus bisa mandiri contohnya masalah zakat *ini penting*. kadang ngerasa ilmu saya masih kurang. padahal ilmu agama itu penting. ibarat kalo kita tanpa ilmu agama, tujuan hidup kita ga jelas untuk apa. bukan mau mengurui ato apa postingan ini. buat sama-sama tambah ilmu,, posting ini juga buat catetan diri saya sendiri dan siapa tau berguna juga buat yang ga sengaja baca tulisan ini :)) saya sekarang mau bahas tentang zakat.. kalo dituliskan memang banyak.. ini sudah saya rangkum padahal, tapi masih banyak aja ya.. semangatttt ^_^




Menurut Bahasa(lughat), zakat berarti : tumbuh; berkembang; kesuburan atau bertambah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan (QS. At-Taubah : 10). Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.
Macam-macam Zakat
a. Zakat Nafs (jiwa), juga disebut zakat fitrah.

·         Zakat fitrah untuk kelebihan dari kebutuhan pokok dalam sehari semalam Idul Fitri. 1 sha’ = 2,5 kg atau 3,5 liter atau senilai itu dalam bentuk mata uang. Dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri.

b. Zakat Maal (harta).

·         Pengertian Maal (harta)
  1. Menurut bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya
  2. Menurut syar’a, harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim).
    sesuatu dapat disebut dengan maal(harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat, yaitu:
    1. Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dikuasai
    2. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dll.


Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati
a.  Milik Penuh (Almilkuttam)
Yaitu : harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram, maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib, sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya.
b.  Berkembang
Yaitu : harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang.
c. Cukup Nishab
Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara’. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat
d.  Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah)
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum (KHM), misal, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, dsb.
e. Bebas Dari hutang
Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.
f.  Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)
Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak, harta simpanan dan perniagaan. Sedang hasil pertanian, buah-buahan dan rikaz (barang temuan) tidak ada syarat haul.Emas simpanan 85 gram 2,5 persen Syarat wajib zakat : setelah mencapai haul (satu tahun)


NISHAB DAN KADAR ZAKAT

1.      Emas Dan Perak
Nishab emas adalah 20 dinar (85 gram emas murni) dan perak adalah 200 dirham (setara 672 gram perak). Artinya bila seseorang telah memiliki emas sebesar 20 dinar atau perak 200 dirham dan sudah setahun, maka ia telah terkena wajib zakat, yakni sebesar 2,5 %.
Demikian juga segala macam jenis harta yang merupakan harta simpanan dan dapat dikategorikan dalam “emas dan perak”, seperti uang tunai, tabungan, cek, saham, surat berharga ataupun yang lainnya. Maka nishab dan zakatnya sama dengan ketentuan emas dan perak, artinya jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena wajib zakat (2,5 %).
Perak simpanan 595 gram 2,5 persen Syarat wajib zakat : setelah mencapai haul (satu tahun)

2.      Hasil Profesi
a.      Dasar Hukum
Firman Allah SWT:
dan pada harta-harta mereka ada hak untuk oramng miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bagian

(QS. Adz Dzariyat:19)
b.      Firman Allah SWT:
Wahai orang-orang yang beriman, infaqkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.

(QS Al Baqarah 267)
c.       Hadist Nabi SAW:
Bila zakat bercampur dengan harta lainnya maka ia akan merusak harta itu

(HR. AL Bazar dan Baehaqi)

Hasil Profesi
Hasil profesi (pegawai negeri/swasta, konsultan, dokter, notaris, dll) merupakan sumber pendapatan (kasab) yang tidak banyak dikenal di masa salaf(generasi terdahulu), oleh karenanya bentuk kasab ini tidak banyak dibahas, khusunya yang berkaitan dengan “zakat”. Lain halnya dengan bentuk kasab yang lebih populer saat itu, seperti pertanian, peternakan dan perniagaan, mendapatkan porsi pembahasan yang sangat memadai dan detail. Meskipun demikian bukan berarti harta yang didapatkan dari hasil profesi tersebut bebas dari zakat, sebab zakat pada hakekatnya adalah pungutan harta yang diambil dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin diantra mereka (sesuai dengan ketentuan syara’). Dengan demikian apabila seseorang dengan hasil profesinya ia menjadi kaya, maka wajib atas kekayaannya itu zakat, akan tetapi jika hasilnya tidak mencukupi kebutuhan hidup (dan keluarganya), maka ia menjadi mustahiq (penerima zakat). Sedang jika hasilnya hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan hidupnya, atau lebih sedikit maka baginya tidak wajib zakat. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok, yakni, papan, sandang, pangan dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya. Zakat profesi memang tidak dikenal dalam khasanah keilmuan Islam, sedangkan hasil profesi yang berupa harta dapat dikategorikan ke dalam zakat harta (simpanan/kekayaan). Dengan demikian hasil profesi seseorang apabila telah memenuhi ketentuan wajib zakat maka wajib baginya untuk menunaikan zakat.
Contoh:
Akbar adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di kota Bogor, memiliki seorang istri dan 2 orang anak.
Penghasilan bersih perbulan Rp. 1.500.000,-.
Bila kebutuhan pokok keluarga tersebut kurang lebih Rp.625.000 per bulan maka kelebihan dari penghasilannya = (1.500.000 – 625.000) = Rp. 975.000 perbulan.
Apabila saldo rata-rata perbulan 975.000 maka jumlah kekayaan yang dapat dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun adalah Rp. 11.700.00 (lebih dari nishab).
Dengan demikian Akbar berkewajiban membayar zakat sebesar 2.5% dari saldo.
Dalam hal ini zakat dapat dibayarkan setiap bulan sebesar 2.5% dari saldo bulanan atau 2.5 % dari saldo tahunan.
sumber :
Al Faridy, Hasan Rifa’i, Drs.,Panduan Zakat Praktis, Dompet Dhuafa Republia, 1996

3.      Saham dan Obligasi
Pada hakekatnya baik saham maupun obligasi (juga sertifikat Bank) merupakan suatu bentuk penyimpanan harta yang potensial berkembang. Oleh karenannya masuk ke dalam kategori harta yang wajib dizakati, apabila telah mencapai nishabnya. Zakatnya sebesar 2.5% dari nilai kumulatif riil bukan nilai nominal yang tertulis pada saham atau obligasi tersebut, dan zakat itu dibayarkan setiap tahun.
Contoh:
Nyonya Salamah memiliki 500.000 lembar saham PT. ABDI ILAHI, harga nominal Rp.5.000/Lembar. Pada akhir tahun buku tiap lembar mendapat deviden Rp.300,-
Total jumlah harta(saham) = 500.000 x Rp.5.300,- = Rp.2.650.000.000,-
Zakat = 2.5% x Rp. 2.650.000.000,- = Rp. 66.750.000,-

4.      Undian dan kuis berhadiah
Harta yang diperoleh dari hasil undian atau kuis berhadiah merupakan salah satu sebab dari kepemilikan harta yang diidentikkan dengan harta temuan (rikaz). Oleh sebab itu jika hasil tersebut memenuhi kriteria zakat, maa wajib dizakati sebasar 20% (1/5)
Contoh:
Fitri memenangkan kuis berhadiah TEBAK OLIMPIADE berupa mobil sedan seharga Rp.52.000.000,- dengan pajak undian 20% ditanggung pemenang.
Harta Fitri = Rp.52.000.000,- -Rp.10.400.000,- = Rp.41.600.000,-
Zakat = 20% x Rp.41.600.000,- = RP.8.320.000,-

5.    Hasil penjualan rumah (properti) atau penggusuran
Harta yang diperoleh dari hasil penjualan rumah (properti) atau penggusuran, dapat dikategorikan dalam dua macam:
a. Penjualan rumah yang disebabkan karena kebutuhan, termasuk penggusuran secara terpaksa , maka hasil penjualan (penggusurannya) lebih dulu dipergunakan untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya. Apabila hasil penjualan (penggusuran) dikurangi harta yang dibutuhkan jumlahnya masih melampaui nishab maka ia berkewajiban zakat sebesar 2.5% dari kelebihan harta tersebut.
Contoh:
Pak Ahmad terpaksa menjual rumah dan pekarangannya yang terletak di sebuah jalan protokol, di Jakarta, sebab ia tak mampu membayar pajaknya. Dari hasil penjualan Rp.150.000.000,- ia bermaksud untuk membangun rumah di pinggiran kota dan diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp.90.000.000,- selebihnya akan ditabung untuk bekal hari tua.
Zakat = 2.5% x (Rp.150.000.000,- – Rp.90.000.000,-)
= Rp.1.500.000,-


kalo bingung buat zakat, infaq, wakaf dan lain-lain mau kemana, bisa buka webnya dompet dhuafa di www.dompetdhuafa.org ato follow twitternya @Dompet_Dhuafa :))) 


Selasa, 10 Juli 2012

ngotak ngatik rumah

lagi mikirin gimana caranya rumah mungil saya, bisa terlihat amat sangat manis seperti penghuninya *Lol :p
saya agak kesulitan mikirin dengan keterbatasan ruang rumah kami, supaya bisa terlihat nyaman. itu gimana caranya? yo' po?
saya pengennya rumah minimalis modern. depannya udah rumah model-model minimalis modern, kalo dalemnya ga mendukung, sayang banget ya. terus caranya biar mendukung isinya modern ya kudu beli perabotan rumah yang mendukung, tapi semua kudu pelan-pelan :( kalo langsung minta ada detik ini juga, kasian suami bisa jantungan ntar haha.. harus bisa ngepasin ke uang tabungan juga dong, malah kalo bisa ga boleh ngotak ngatik tabungan *gimana caranye*
kembali ke topik,, jadi gini rumah kami kan tipe 40, kamar kami ada dua, dua-duanya ukuran 3x3,, ruang tamu kami sebesar 3x2,75.. hihihi kecil yah ruangannya :p 
sabar ya buat anak-anak ga mau susah seperti kami berdua ini,, ini kan masih rumah tangga baru, semoga setelah agak lama nikah, rumahnya bisa sebesar istana *amin* :p
gimana caranya nyulap bisa jadi rumah yang isinya bagus, ga sumpek dan pastinya rapi.. aihh ga betah saya kalo liat rumah berantakan plus kebanyakan barang, kayak yang sekarang rumah dinas saya ga banyak barang aja :P bismillah semoga saya bisa ngolah barang-barang kami di rumah imut ini jadi rapi serapi-rapinya..

pertama-tama saya pengen ngedesain ruang tamu,, 
ruang tamu duluan biar keliatan bagus rumahnya, kesan pertama soalnya haha.. 
kalo ruang tamu aja udah ga bagus, bisa keliatan dong tipe yang punya rumah gimana orangnya...
terus kan sofa dikasih dari mama tercinta,, alhamdulillah gratess lage ^0^ sofanya warna merah,, itu sofa dah ada di rumah mama sih,, meskipun ga baru tapi bersyukurrr banget ga perlu beli lagi.. makin sayang mama :-*

 kurang lebih sofa di rumah kek gini, tapi bantalnya itu ada motif ukiran warna putih
berhubung si sofa warnanya merah putih,, otomatis printilan yang lain juga harus ngedukung warna merah putih juga.. lha kok jadi bendera negara kita gini :))

    waa  manisnya.. kurang lebih pengen ngikutin gini, tapi ga bisa sebagus itu juga kalee :P




kedua, ruang tengah 
 suka sama warna merah, pink ma putih <3

pengen beli sofa ruang tengah warna putih  :-*

tapi sofa warna putih cepet kotor,, jadi mending beli sofa warna gelap ya,, padahal udah ngerayu mas andi, dy akhirnya mau beli sofa warna putih, eh skrg malah saya yang galau -_- yo wes ruang tengah belum fix mau diapain haftt 

ketiga, kamar utama
tempat tidur pendek gini yang bikin ruangnya sempit jadi keliatan luas *katanya* tapi agak ditinggiin lagi biar ga susah ngepelnya

nb:
1. dindingnya warna putih bukan pink
2. lemari baju warna putih tapi pintunya ke samping, kayak pintu2 orang jepang,, biar ngurangi jatah ruangan

yang disuka dari gambar ini cuma buffet tivinya keliatan manis

keempat, kamar 2
berhubung kamar dua itu serba guna untuk kamar tamu, perpustakaan, naruh barang-barang, kamar anak juga *insyallahhh,amiiinnnnn*.. jadi pengen kamar kedua ini yang tata barangnya multifungsi

suka rak bukunya, suka penataan barangnya, suka karpetnya juga
 
kasurnya dua kalo ada tamu jadi bisa tidur di situ :)

pengen kamar anak perempuan saya diginiin *kayaknya itu selera maminya deh* :P


kelima, dapur cinta taraaa :D
warna pink semua haha.. secara noniknya suka warna pink jadi dapurnya boleh dong warna favorit,, lagian si suami ga akan mungkin protes mau digimanainpun. jangankan dapur, rumah aja kalo dihias warna pink juga suami manut-manut aja, tapi adek ga sampe hati lah ya sayang :*

pink_kitchen_interior_4


 
 hubiiiii mau dong dapur ma alat-alat masaknya yang kayak gini.. plisssss :P


keenam,, teras rumah
berhubung teras rumah di perumahan itu dah lumayan, 
jadi pengen teras gini ntaran aja kalo udah punya uang lagi *tahan sel tahan*
suka batu-batuannya aja :)


teras atas,, kalo punya duit pengen di tingkat terus dibuat kek gini.. amiiinnn
ngotak ngatik rumah itu rempong tapi sukaaaa... asli yah kalo saya disuruh ngotak ngatik rumah eummmhhh paling hobi.. apalagi kalo suruh belanja perintilan rumah ahhh suka banget banget dong.. tapi kayaknya semua istri juga bakalan kayak saya, apa cuma saya aja yang seheboh ini? :D

Kamis, 05 Juli 2012

2 bulan ku mencintaimu

najong banget judulnya hahaha... alhamdulillah ga kerasa hari ini tepat dua bulan hari pernikahan kami, tepuk tangan tepuk tangan :))) gimana rasanya selina setelah nikah??? hmmm rasanya subhanallah banget banget,, setelah nikah serasa ibadah terus tiap hari, ga ngerasa bikin dosa sama sekali jiakakak sok suci!! iyaaaa beneran deh, kalo dulu sebelum halal itu kan telponan tiap hari, nah lewat hape aja manja-manjaan di telpon itu dah bikin dosa, apalagi kalo ketemu terus ke mall berduaan ya ampooon (_._!) semoga dosa kami berdua dimaafin ya allah, amin

mas andi ngerasain apa yah selama dua bulan ini? makin sayang kah dengan diriku ini :P kalo sepenilaian saya selama dua bulan ini mas andi sayangnya ke istri selalu keliatan.. mulai dari tiap hari bilang sayang, tiap hari perhatian tapi cuma lewat telpon :((  terus mekipun kami ketemuan dua minggu sekali ato seminggu sekali, itu ga bikin kami males-malesan kalo ketemu, malah bikin kami berdua kayak pengantin baru mulu gubrak :D

makin ke sini saya juga makin sayang ma suami. pengen bisa gini terus sepanjang hidup kami, bahkan ampe surga nanti ya sayang.. 
selama saya kenal lebih dalam lagi mas andi dua bulan ini, mas andi itu orangnya hampir ga pernah marah, baik, selalu kalah kalo otot-otatan ma istrinya, romantis banget, selalu tiba-tiba cium kening cium pipi si istri entah itu si istri lagi di dapur di tempat cucian piring di garasi --" , alhamdulillah suka masakan ala kadar istrinya walopun suka request masakan yang terlalu simpel menurut saya misal mau dimasakin yang agak ribet kayak bumbu merah telur puyuh malah mintanya sayur bening cah kangkung tempe goreng krik krik, mau bantuin si istri nyapu rumah nyapu teras cuci piring hihi.. pokoknya selama ini sikap mas andi udah segitu baiknya kalo di list, tapi sayanya masih suka marah lho ke mas andi. kalo mas andi tidur, tapi saya belum tidur kadang suka ngeliatin dia tidur, "kasian suamiku rek, sering diomelin istrinya," *cium kening mas andi sambil doain mas andi yang baik-baik baru saya tidur*. 

semua yang kami lewati emang lagi manis-manisnya tapi bukan berarti ga perah kelahi, bahkan kelahinya banyak juga tapi ya gitu ujung-ujungnya kayak udah ga ada apa-apa lagi. kita berdua malah kelainya kayak anak kecil, suka tarik-tarikan, saling bawel, kelai yang awal mulanya guyon ujung-ujungnya saya nangis. kata mama udah pada nikah tapi masih kayak anak-anak haha jadi malu :))) 

terus terus mas andi sekarang lagi pengen punya baby, saya juga pengen, tapi sayang kami belum dikasih kepercayaan Allah bisa cepet punya momongan, mungkin Allah dah punya waktu terbaik buat kami berdua. sabar ya sayang, insyallah kalo kita pasrah ma takdir Allah pasti Allah juga akan ngasih buat kita. padahal baru dua bulan nikah tapi hasrat kita pengen punya baby udah ada banget, doain kami ya :D


lagi nari ya kamu mas :D
 
sik asik hari sabtu mas andi ke bali, ga sabar pengen cepet ketemuan, kangeeenn :*

selamat dua bulan pernikahan kita sayang, semoga kita berdua menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warrohmah, cepet dapet momongan amin amin...............



Kau mencintaiku Seperti bumi
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Menanggung beban derita
Tak pernah lelah
Menghisap luka

Kau mencintaiku
Seperti matahari
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Membagi cerah cahaya
Tak pernah lelah
Menghangatkan jiwa

Kau mencintaiku
Seperti air
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Membersihkan lara
Tak pernah lelah
Menyejukkan dahaga

Kau mencintaiku
Seperti bunga
Mencintai titah Tuhannya
Tak pernah lelah
Menebar mekar aroma bahagia
Tak pernah lelah
Meneduhkan gelisah nyala.. 
puisi by ketika cinta bertasbih

Selasa, 03 Juli 2012

anak kucing anggora

ada keajaiban pagi ini.. mas andi yang notabennya anti kucing, pokoknya palink ga suka kucing apalagi ngerawat kucing, tadi pagi malah nawarin mau beliin saya kucing,, padahal tiap saya baru ngelirik kucing aja, hubi mendadak bawel,"aduuuu adek kucingnya jangan dipegang lho ya, udah-udah, jauh-jauh ma kucing",,, ada lagi kata2 favoritenya,,"ihh adek ni ga suka mas ma kucing, jangan dikasih makan terus kucingnya, biar ga dateng terus dek".. dannn mendadak tadi pagi hubi malah mau beliin kucing anggora... wowww ga salahhh tu yah :D

percakapan tadi pagi,,,
M: adek lagi ngapain?
S: habis sarapan yang, mas lagi apa?
M: mas lagi di sidomulyo, ada kegiatan yang
S: iya yang..
beberapa menit kemudian.....
M: adek mau dibeliin kucing anggora ga?
S: ga mau yang,, kasian anak-anak kita nanti (dalam hati pengen banget *garuk2tembok*)
M: beneran? ini ada anak kucing udah umur 6 bulanan,, kalo mau, mas beliin.. nanti udah sepaket ma kandang plus pasirnya..
S: engga mas,, ga usah,, -_- (ini ga salah ya? si mas andi ga habis kejedot tembok kan ya??)
M: ya udah kalo gitu..

huwaaaaa daridulu kan saya suka banget ma kucing, tapi berhubung si kucing penyakitnya ngebahayain banget buat keturunan, jadi mending jauh-jauh ah ma kucing :((
kucing anggora sayang :-*
Sayang gimana kalo beliin adek mobil baru aja?? *dicium hubi ampe pingsan* :)

Minggu, 01 Juli 2012

terimakasih

mau ngepost gini aja susah banget lho izinnya ke suami tercinta. pake prosedur yang amat sangat rumit :P emang sih, namanya dah nikah tu ga boleh ngepost macem-macem. tapi pengen aja ngepost ini, yang penting dah diizinin ma suami dong :D

langsung mulai aja yah... saya mau bilang banyak terimakasi buat seseorang yang udah lama saya kenal. dia senior saya di kampus. dia satu tingkat di atas saya. dia sudah seperti kakak saya sendiri. sosok orang yang selalu ramah, baik, sopan, ga pernah marah, selalu tulus ke semua orang. 
setiap saya kesulitan, tanpa saya minta senior saya ini langsung dateng untuk nolong saya. walaupun dia senior saya. saya gak pernah ngerasa dia senior.
sampe suatu saat saya pernah disinisin senior taruni karena terlalu akrab dengan senior-senior taruna keren. asli bukan saya kecentilan atau sok kecantikan, tapi saya ketemu akrab dengan senior-senior taruna yang jadi seperti kakak saya sendiri ini bukan karena saya memang cari muka di depan mereka. 
awal keakraban ini dikarenakan waktu itu saya tersesat dengan sahabat saya *lebay bahasanya*, kami salah pilih kosan. yang ternyata kosan kami nyampur dengan cowok. saya sebagai muslimah pasti risih kalo campur dengan taruna gitu. 
akhirnya ada senior satu daerah saya yang asal malang. nolongin saya untuk tinggal di rumah salah satu pejabat tinggi pusat, tanpa perlu bayar uang kos. wow senengnya minta ampun dong, bisa ngekos gratis. cuma disuruh ngerawat rumahnya aja. dari dapet kosan baru itu, saya diajak senior satu daerah saya ini untuk makan bareng di catering. saya langsung sreg di situ karena ibu cateringnya ramah. ampe sekarang saya ngerasa punya utang budi ma senior satu daerah saya ini.
dari situ saya tiap hari makan di sana. yang waktu itu saya sama sekali ga tau kalo cowok-cowok yang makan di sana ituuu senior saya semua. gubrak... pantesan kok prontos rambutnya xixxixi... woalahhh ini cateringnya taruna taruni toh.. asli lugu banget saya. saya fikir ini catering umum.
yang lucunya lagi temen-temen satu angkatan saya yang taruna pada makan di dapur. saya heran sama mereka. ngapain coba makan di lantai dapur gitu. saya ma sahabat saya asik-asik aja makan di sofa ruang tamu bareng senior-senior itu. walopun senior itu juteknya amit-amit yah. tapi saya ga cangung sama sekali. yoo saya fikir kayak kakak kelas waktu SMA gitu -__- ternyataaaaaa saya gak boleh gitu muhahaha.. junior itu harus duduk di lantai, kalo ga ada senior baru boleh di sofa. yang saya heran senior taruna-taruna ini diem aja. kalo temen taruna satu angkatan saya yang gitu katanya udah di push up aja hihi. wong mereka tiap sebelum makan aja dikerjain dulu ma senior-senior ini. yang anehnya saya gak pernah liat sedikitpun hal ini selama saya di catering. jadi saya fikir senior-senior saya ini berhati malaikat halah.. 
dari situ saya makin akrab ma taruna-taruna satu angkatan saya. ditambah ada beberapa taruni yang ikut catering itu.. wahhh kami makin hari makin akrab. kami kemana-mana bareng. udah jadi satu geng gitu. namanya sama-sama ngerantau, terus sama-sama junior, kami udah solid banget. korsa buanget. 
dalam waktu singkat kami udah kayak saudara. akkkk kangen kalian.
dari situ kami selalu makan di catering bareng-bareng. kalo senior-senior taruna dateng untuk makan. temen-temen taruna satu angkatan saya mendadak bubar satu persatu hihi.. itu ga berlangsung lama kog. setelah saya bisa akrab ma senior-senior taruna. perlahan taruna-taruna satu angkatan saya juga ikut akrab. tapi akrapin mereka susah banget lhoh.. saking aja mungkin ada taruni-taruni di catering ini jadi mereka mudah mencair suasananya. kalo engga mungkin suasana mistis terus haha. salah satu taruni catering satu angkatan saya mbak siska ini. sahabat sekaligus saudara saya. love you so much mbak :* oh ya kenapa saya panggil mbak.. gegara taun kelahiran saya yang taun 90 sendiri. ga sopan dong yah taun 90 manggil orang yang umurnya di atas saya cuma nama aja, terus kami udah ngerasa jadi saudara, jadinya saya lebih sreg manggil mbak..
senior-senior taruna saya ini ternyata super duper baik lhoh. ternyata sikap cool mereka selama ini untuk jaga talikur mereka aja (talikur=lambang jabatan di oraganisasi kampus). ternyata diem-diem senior-senior taruna ini jagain kita lho hihi. kalo kita kena hukuman dari senior lain, langsung deh dihandel ma mereka.. baik banget kan.. contoh kebaikan mereka, waktu saya super capek lari sejauh 3 kilo,saya bisa disambi jalan. karena mereka nyuruh saya jalan cepet aja,ga perlu lari hihi *semoga senior taruni ga ada yang baca blog ini* .. terus kalo ada senior yang mulai jahatin saya, mendadak ada aja gitu senior taruna satu catering yang ngelindungi saya.. alhamdulillah.. terus terus mau minum air tu kan susah banget, bahkan saking hausnya banyak yang minum air kran waktu wudhu. tapi alhamdulillah saya selalu dapet minum dari senior-senior ituh hehe.
kami semua satu catering makin hari, makin akrab. udah jadi kayak saudara semua. tapi teteup waktu di kampus kami jadi senior junior lagi :( 
ada salah satu senior taruna di tempat catering, sebut aja namanya mas senior. ga ada angin ga ada hujan saya tiba-tiba dicomblangin ma sahabat saya. awal cerita comblang-comblangan ini, saya juga ga dikasih tau ma sahabat saya kalo mau di comblangin. saya diajak sahabat saya ke gramed, saya baca2 buku di situ. lha kog sahabat saya bawa pacar. ishhh males banget kalo saya jadi obat nyamuk. saya bilang tu ke sahabat saya kalo saya ga suka dia bawa pacarnya. pacarnya itu senior saya juga. senior satu catering. yang juga akrab ma saya. tapi biar pun akrab ga mau ah jadi baygon. lha kok ya ada sosok senior taruna lagi nongol tiba-tiba. gubrakk ga taunya itu mas senior. kami berempat jalan bareng di mall. yak ampun, jadi ini ceritanya comblangin eyke gituh.. iya sik! saya baru aja putus (saya waktu itu sempet jadian ma senior tapi buentar). ga secepat itu juga kalee udah mau jadian ma senior lain lagi. wong urusan saya ma mantan pacar aja waktu itu belum kelar. masih ribet. kamu sih senior yang bikin ribet haha *kok jadi nyalahin mantan*. 
si mas senior makin baik aja ke saya. mana tiap hari kita ketemu di tempat catering. saya kadang sungkan ma senior lain di catering. jadi sering diolokin, belum lagi ada satu senior lagi di catering yang juga lagi deketin saya.. ribet.. bawaannya pengen teriak ke sahabat saya "aku inih mau kuliahhhhh bukan mau pacarannnn".. sahabat saya ngakak aja bisanya.. kata sahabat saya,"ya elahh kan sambil kuliah sambil pacaran kan enak". aishhh hati saya aja masih berantakan habis putus. masak langsung jadian ma yang lain. kan saya masih pengen sendiri dulu. trauma ih pacaran ma senior, susah ngejauhnya haha.. 
tapi dari situ mas senior ini telaten aja ma saya. tetep baik, tetep cool, tetep asik. padahal tau kalo saya diem aja. yahh padahal kalo mas seniornya mau ngedeketin cewek lain pasti dapet yang lebih dari saya. ga tau kenapa malah milih deketin saya yang super ribet orangnya.. 
nah sampailah suatu dimana kami sudah masuk dunia kerja. otomatis saya ga pernah lagi ketemu ma mas senior. mas senior di ujung pulau mana, saya di ujung pulau mana. pisah jauuhhh. jadinya mas senior ini ga pernah denger kabar saya lagi. dari situ mas senior tanya ke saya punya blog apa engga. saya bilang ga punya. sama mas senior dibuatin lah blog. saya mau aja tapi bingung kenapa gituh mau buatin saya blog. saya ga ngerti blog sama sekali. fungsinya juga buat apa saya ga tau. dari situ mas senior ngejelasin lengkap tentang blog. tapi teteup saya belum ngerti cara pake blog, mana sama sekali ga pernah isi blog ini.. nahh dari situ mas senior sering negur kog blognya sepi, ga pernah diisi sama sekali. yang mas senior tau, saya orangnya suka cerita, suka nulis. walopun tulisan saya acak kadut. tapi mas senior ngerasa saya bisa nulis. cuma ngehibur hati saya aja kalik ya hahaha.........
mas senior mungkin tau orang yang suka cerita kayak saya ini, ga mungkin betah di penempatan yang ga punya temen buat cerita sehari-hari. ga punya tempat buat ngehibur diri sendiri. mungkin dari situ mas senior pengen saya punya blog. 
nahh ga tau kenapa saya jadi penasaran ma blog, saya coba-coba otak atik ma nulis blog ini itu tanpa sadar makin ke sini makin blog yang isinya bisa bikin mas senior "mungkin marah". saya ga tau juga sik mas senior marah ato engga. tapi kalo saya jadi dia pasti marah sih :P
lha kok mas senior marah, kenapa emangnya? ya gimana ga marah, saya ngepost blog sampe pada suatu titik saya pacaran ma cowok lain. yak pacar itu adalah yang udah jadi suami saya skrg inih. saya baru sadarrrr kalo mas senior marah ma saya, setelah saya ngerasa mas senior ga ngucapin selamat ke saya krna dah nikah. ga mungkin dong saya nanya mas senior marah ya ma saya. lagi pula saya sekarang udah jadi istri orang. ga sepantasnya saya hubungi laki-laki mana pun yang menyangkut perasaan *berat bahasanya*..
saya sadar udah sejahat itu ma orang lain. yang seharusnya saya bisa teges dari awal dan bilang "tolong jangan baik ma saya!!!". tapi saya malah nerima kebaikan orang lain terus. yang bisa bikin orang lain salah paham *jedotin kepala ke tembok*.. 
saya cuma bisa bilang terimakasih buat mas senior krna udah baik selama ini ma saya, terimakasih udah bikinin blog ini, yang bikin saya bisa nulis semua tentang cerita hidup saya di sini, yang bisa bikin saya ngumpulin bekal ingatan buat saya ga lupa moment-moment hidup saya.
saya baru sadar sekarang kalo blog ini ternyata bisa bikin mas senior "mungkin marah" ma saya, baru sadar kalo tulisan saya selama ini malah nyakitin orang lain. maafin saya, sekali lagi terimakasi buat semuanya mas senior *sikap hormat* :))



ini dia foto temen-temen catering seangkatan ma junior baru catering,,
 perkumpulan kami bernama "d'toems
community" :D
senior-senior ga ikutan foto ini, udah pada lulus semua, ada sih foto mereka, tapi saya ga berani taruh foto mereka di sini, sungkaaan :D


serasa bukan taruna taruni -_- :P






d'toems forever ^_^